Daftar Istilah Yang Mungkin Kalian Belum Tahu?

Haloha semua. .
Ketemu lagi ma saya disini. .
Hhe.

Lg frustasi ny, kmaren kan bkin postingan tentang javascript yh, ud susah-susah dibuat eh, malah gagal. .
Hhu.

Ny sebagai gantinya saya tulis ajh yang beginian. .
Maaf yah kalau kurang bermutu. .

Ny ada sedikit daftar istilah yag mungkin kalian belum tau.
Cba deh liat:

Kernel :Inti sistem oeprasi dalam kode binary yang di load dan dijalankan oleh PC setelah ia nyalakan.

Kernel Monolitihic :Kernel “all in one”, yang mengandung semua bagian yang dekat dengan sistem (driver, pengelolaan proses termasuk scheduler, pengelolaan memori dan sistem file). Kelemahannya adalah ukurannnya dan tak adanya batas antar bagian dalam memori, karena semua komponen dijalankan dalam modus kernel CPU yang terbatas. Besarnya kernel yang aktif dapat dibatasi dengan mengeluarkan bagian-bagiannya (misalnya driver) ke modul atau virtual diver. Kelebihannya prinsip monolithic adalah kinerjanya.

Micorkernel : Microkernel hanya berisi bagfian-bagian yang terpenting(scheduler, routine, inisialisasi, dan mungkin manajemen memori). Sisanya seperti diver, sistem file, interface grafis dan komponen jaringan merupakan program biasa bagi kernel. Keuntungannya ialah berukuran kecil, lebih sederhana dan batas antara memori komponen kernel dengan komponen user lebih baik. Kelemahannya ialah kecepatan yang rendah : Perpindahan terus menerus antara Kernel-Mode dan User-Mode setidaknya memperlambat CPU Intel.

Proses : Prinsipnya pada sebuah program di start, menduduki sebuah ruang alamat di memori dan masuk daftar tunggu scheduler. Pada kernel disebut “Init”.

Multitasking : Merupakan prosedur untuk menjalnkan beberapa proses secara bersamaan (pararel) pada sebuah CPU. Multitasking dilakukan oleh scheduler.

Multithreading : Threads merupakan bagian dari proses, yang dapat dipisahkan untuk dijalankan secara pararel. Bila pembuat program merencanakan beberapa threads, sebuah sistem operasi multithreading dapat menjalankan threads secara pararel pada beberapa hardware.

Multiuser : Prosedur yang memungkinkan beberapa orang menggunakan PC.

SMP : Singkatan dari “Symetrical MultiProcessing”, suatu cara populer untuk menjalankan beberapa CPU yang setara haknya dengan multitasking murni.

Scheduler : Sebuah routine (biasanya bagian dari kernel) yang mengelola daftas semua proses sistem operasi dalam sebuah atau beberapa antrian.

Preemptives : Prosedur scheduling yang menyingkirkan sementara sebuah proses berjalan untuk memberi kesempatan pada proses lainnya. Boot : Pada saat komputer dimulai baik pada saat dinyalakan komputer dari keadaan mati atau “cold boot” atau keadaan nyala dengan menekan Ctrl + Alt + Del atau “warm boot”.

Shell : Suatu program yang terpisah untuk menyediakan komunikasi langsung antara user dengan sistem operasi, contohnya adalah seperti command.com pada MS-DOS.

Interface : Merupakan fungsi yang menghubungkan dengan program dengan user sehingga dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Interface dapat berupa grafis, menu dan perintah baris seperti pada MS-DOS (diungkapkan seperti C> ).

Windows manager : Sebuah multitasing graphical interface.

Desktop manager : Sebuah layar yang nampak pada monitor baik di Macintosh maupun Windows yang mempunyai banyak icon untuk menjalankan program.

GUI : Singkatan dari “Graphic User Interface” yaitu tampilan grafis yang memungkinkan user untuk memilih perintah, memulai program dan melihat isi file serta pilihan lain dengan gambar-gambar kecil yaitu icon.

Debug : Suatu tekhnik untuk mencari dan memperbaiki kesalahan/bug dalam suatu program komputer.

Networking : Koneksi secara pisik antara komputer yang satu dengan yang lain. Dengan network antara komputer dengan komputer yang lain dapat berbagi data dan printer serta sumber daya yang lain. Dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Jaringan.

Server : Salah satu konsep jaringan yaitu komputer yang melayani beberapa komputer yang lain.

Mail server : Suatu tempat untuk menyimpan E-mail dalam server.

Web : Suatu halaman yang terdiri dari grafis dan suara yang terdapat pada internet.

Web server : Suatu tempat untuk menyimpan web dalam server.

Source Code : Perintah pemrograman yang dapat dibaca oleh manusia dan dapat diturunkan menjadi object code yaitu program yang diterjemahkan/dicomplie dalam bahasa mesin. Jika open source code berarti kode tersebut dapat dibuka dan dilihat oleh user.

Speech recognition : Kemampuan sebuah komputer untuk mengerti  kata yang diucapkan untuk tujuan menerima perintah dan data input dari komputer.

Plug and Play : Suatu fungsi yang memungkinkan baik hardware maupun software untuk dipasang secepatnya tanpa konfigurasi terlebih dahulu, sehingga memudahkan untuk upgrade komputer.

Hacker : Seseorang yang secara total terlibat dan menekuni bidang tekhnologi komputer. Tetapi konotasi hacker menjadi kurang baik sejak kebangkitan era komputer karena mereka dianggap suka menebarkan kekacauan di komputer seperti virus, mencuri data orang lain, dll. Namun perlu diketahui bahwa sifat merusak itu lebih tepat disebut cracker sedangkan julukan hacker sebenarnya lebih tepat sebagai orang yang serius menekuni program komputer/tekhnologi komputer.

Routing : Kegiatan yang rutin yang ada di dalam komputer.

Nameserver : Proses pemberian nama pada server.

Rendering graphics : Proses manipulasi grafis.

 

Sekali lagi maaf yah kalau postingannya cumin segitu doank. .
Ntar deh kalau saya ud lancer javascrript saya bagi2 ke kalian semua. .

Keep bloging
Keep posting
Keep visiting
Keep clicking the ads.
Hhe, daaagh. .

No comments:

Post a Comment